Rest in Power Kobe Bryant (23 Agustuts 1978-26 Januari 2020)

Kobe Bryant memeluk putrinya, Gianna, saat melakukan pemanasan menjelang NBA All-Star Game di Toronto. Ayah dan anak itu tewas dalam kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Minggu (26/1) pagi waktu setempat.

basketball-Para remaja putri itu menunggu dengan tabah. Tik… tok… tik.. tok… Waktu terus berlalu. Helikopter seketika mendarat. Membawa sang pelatih.

Ya, pelatih yang pernah menuliskan bagaimana ia, di umur 6 tahun, dengan khayalan seputar ring, sorak sorai penonton, bola di tangan, dan waktu yang hanya tersisa 5 detik, jatuh cinta terhadap basket.

Basket Club-Pada waktu yang sama, Pekan pagi waktu setempat , sebagian kilometer dari Mamba Sports Academy di Thousand Oaks, California, Amerika Serikat , daerah berkumpulnya para remaja yang tergabung dalam klub Lady Mavericks itu, helikopter yang dimaksud tengah beradu melawan tebalnya kabut. Berputar-putar. Menunggu cuaca membaik.

Namun, kabut tidak kunjung pergi. Dan, yang terjadi kemudian merupakan tragedi memilukan. Sembilan orang di dalam heli hal yang demikian tewas. Termasuk sang idola yang ditunggu buah hati-buah hati tadi: Kobe Bryant. Juga, putri keduanya yang siang itu rencananya ikut bermain, Gianna.Kedaicash.info

Dunia bahkan berduka. Mulai sesama atlet dari beraneka cabang olahraga, pejabat publik di beraneka negara, petinggi perusahaan-perusahaan raksasa, hingga warga kebanyakan, bagus yang menyenangi basket ataupun tak.

’’Terpukul dan benar-benar sedih atas kepergian Kobe Bryant. Aku mengagumi ketangguhan atletisnya dari jauh, sekalian kehumanisannya dari dekat,’’ tulis Regu Cook, CEO Apple, di akun Twitter pribadi.

Presiden AS Donald Trump memuji eks bintang LA Lakers itu sebagai sosok yang tidak cuma hebat di lapangan basket, melainkan juga benar-benar mencintai keluarganya. ’’Ia juga mempunyai passion besar untuk masa depan. Serta tewasnya salah satu putrinya, Gianna, membikin isu ini makin memilukan,’’ tulis Trump di Twitter seperti dikutip The Guardian.

Petugas memeriksa lokasi jatuhnya heli yang menewaskan Kobe Bryant, sang putri Gianna, dan tujuh orang lainnya.

DALAM PENYELIDIKAN: Petugas memeriksa lokasi jatuhnya Kedaicash.info heli yang menewaskan Kobe Bryant, sang putri Gianna, dan tujuh orang lainnya. (Mark J. Terrill/AP Photo)
Di Israel, kepergian Kobe malahan dapat menyatukan –padahal mungkin untuk sementara– dua sosok yang selama ini senantiasa berseberangan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan pemimpin oposisi Benny Gantz. ’’Ia (Kobe) selamanya akan terus dikenang,’’ kata Netanyahu sebagaimana dikutip LA Times. ’’Ia salah seorang pebasket terhebat sepanjang masa,’’ ungkap Gantz seputar ayah empat buah hati itu.

Di Beijing, Tiongkok, negeri yang tengah dirundung virus korona, orang-orang membanjiri NBA store. Sepatu Kobe dan beraneka memorabilia lain yang berkaitan dengan pemain yang ikut mengantarkan AS merebut emas di Olimpiade 2008 dan 2012 hal yang demikian lantas terjual habis. Kobe juga memuncaki trending topic di Weibo, media sosial bikinan Tiongkok.

’’Aku cuma sempat merasakan permainan Kobe satu musim. Namun, ia merupakan big brother bagi seluruh orang, sosok panutan,’’ kata Huang Zhongze, remaja 14 tahun yang tidak kebagian memorabilia Kobe di NBA store di Beijing, seperti dikutip LA Times.

Seluruh itu menonjolkan alangkah Kobe merupakan inspirator yang melampaui batas-batas lapangan basket. ’’Lebih dari sekedar atlet,’’ tegas Kareem Abdul Jabbar, legenda basket lainnya. Kebesarannya mendukung lahirnya beraneka karya dalam jagat budaya pop, bagus di film, musik, ataupun buku.

Sementara itu, dalam keterangan sah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Los Angeles Daryl Osby menceritakan, situasi cuaca dikala kejadian memang berkabut cukup tebal. Salah seorang saksi mengucapkan, helikopter berjenis Sikorsky S-76B yang ditumpangi Kobe memang sempat kelihatan berputar-putar di kawasan stadion kota Orange County. Ditengarai, itu dilaksanakan untuk menunggu kabut menipis.

Lokasi kecelakaan susah diakses sebab berada di kawasan perbukitan terjal dan curam. Sebab itulah, kecelakaan itu baru dapat dikonfirmasi sebagian jam kemudian.

Para pelayat berkumpul di Staples Center, Markas Lakers.

Para pelayat berkumpul di Staples Center, Markas Lakers.
(Michael Owen Baker/AP Photo)
Kepala Kepolisian Los Angeles Alex Villanueva memberi tahu, situasi helikopter telah hancur berkeping-keping saat anggotanya menempuh spot lokasi kejadian.

’’Situasi cuaca dikala kejadian tak memenuhi standar minimum terbang, merupakan 2 mil visibilitas,’’ sebut Josh Rubenstein, juru bicara Kepolisian Los Angeles, seperti dikutip LA Times.

Helikopter yang ditumpangi Kobe diceritakan teregistrasi dengan nomor penerbangan N72EX. Tahun pembuatannya 1991. Berdasar catatan Federal Aviation Administration (FAA), helikopter hal yang demikian teregistrasi sebagai milik Express Holding Corps, sebuah perusahaan penyewaan helikopter privat.

Di luar Kobe dan Gianna, putrinya yang baru berusia 13 tahun, juga sang penerbang, penumpang lain heli nahas itu merupakan rekan-rekan setim Gianna dan orang tua masing-masing. Kobe memang diketahui acap kali memakai helikopter dalam bepergian dari rumahnya di Orange County.

Saat itu dilaksanakan untuk menghindari kemacetan parah yang kerap terjadi di sentra kota Los Angeles. Kobe juga mempunyai riwayat cedera punggung yang membuatnya tak dapat duduk lebih dari dua jam di dalam kendaraan beroda empat.

Semasa berkarir di NBA yang berbuntut lima gelar, Kobe pernah memilih untuk memakai julukan Black Mamba. Diambil dari salah satu tokoh karakter dalam film Kill Bill garapan Quentin Tarantino.

Kobe mengaku benar-benar sesuai dengan sifat tokoh hal yang demikian. Seorang yang mempunyai agresivitas tinggi. Pekerja keras.

’’Cafe saya menemukan orang-orang terinspirasi mamba mentality, itu membikin seluruh kerja keras, peluh, dan rutinitas bangun pukul 3 pagi yang saya lakukan selama ini terbayar lunas,’’ sebut Kobe dalam salah satu kans wawancara sebagaimana dikabarkan E News.

Kerja keras yang diawali di Reggio Emilia, sebuah kota kecil di Italia komponen utara. Di kota itu Kobe mulai bermain di regu junior Pallacanestro Reggiana, regu daerah ayahnya, Joe, seorang mantan pejuang NBA, bermain. ’’Siapa yang akan mengira salah seorang pemain terbaik di NBA besar di sini,’’ kata Kobe dalam wawancara dengan koran setempat, Il Pekan del Carlino, pada 2016.

Ya, siapa yang akan meyangka? Siapa yang akan mengira bocah dari Reggio Emilia itu akan jadi pemain tersubur keempat dalam sejarah NBA, memenangi lima gelar, dan merebut dua emas Olimpiade. Juga, memenangi Oscar, mengilhami orang untuk mewujudkan nyanyian, malahan menjadi nama band.

Sama tidak mengiranya dengan para remaja putri di Mamba Sports Academy pada Pekan siang lalu itu. ditunggu tidak pernah tiba. datang malahan isu kesedihan. Tangis dan ratapan tidak percaya bahkan memenuhi daerah yang dibangun Kobe untuk buah hati-buah hati yang punya impian dan mimpi sama dengannya. ia berusia 6 tahun dahulu.

’’Dan kita berdua tahu, apa bahkan yang akan saya lakukan,’’ tulis Kobe dalam Dear Basketball, surat perpisahannya dikala pensiun dari basket, ’’saya akan senantiasa menjadi bocah itu.’’

Ya, bocah 6 tahun yang senantiasa membayangkan menjadi penentu kemenangan. Dengan keranjang sampah di pojok sana sebagai ring, bola di tangan, 5 detik waktu tersisa, 5… 4… 3… 2… 1… Rest in Power, Kobe!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here